Konseling psikologi

Lembaga Perawatan Psikologi merupakan salah satu fungsi utama Dispsiad dengan tugas pokok menyelenggarakan kegiatan Pencegahan dan penanganan permasalahan psikologis maupun penyimpangan perilaku yang dihadapi prajurit TNI-AD dan keluarganya dengan tugas dan kewajiban antara lain menyelenggarakan kegiatan Klinik Psikologi. Dalam kegiatan Klinik Psikologi ada kegiatan konseling psikologi ( konsultasi psikologi ).

DISPSIAD TERIMA SATU UNIT AMBULANCE DARI BRI.

DISPSIAD TERIMA SATU UNIT AMBULANCE DARI BRI .

Bandung, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC menerima hibah satu unit Ambulance dari BRI, bertempat di Gedung Upala Pratama Dispsiad, Bandung, Kamis (25/6/2020).

KADISPSIAD DAN REKTOR UNJANI TINGKATKAN KERJA SAMA BIDANG PSIKOLOGI MILITER GUNA MEWUJUDKAN SDM PSIKOLOGI YANG UNGGUL DAN PROFESIONAL

Pada 27 Mei 2020, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Prof. Hikmahanto Juwana S.H., LL.M., Ph.D di Gedung Upala Pratama Dispsiad. Pada kunjungan kerja tersebut Rektor didampingi Dekan Fakultas Psikologi Unjani Brigjen TNI (Purn) Dr. Arief Budiarto, DESS dan Dekan Fakultas Kedokteran Unjani Brigjen TNI (Purn) Dr Sutrisno Sudjono, dr., SH., MARS., M.Hkes. Kunjungan kerja yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam tersebut merupakan tindak lanjut atas Perjanjian kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya oleh Kadispsiad dengan Dekan Psikologi Unjani pada 5 Maret 2020. Selain itu, kunjungan kerja dilakukan sebagai upaya dan semangat Rektor baru Unjani untuk merealisasikan keinginan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa yang menginginkan adanya pembaruan program dalam rangka membuat Unjani lebih maju dan dikenal masyarakat.

PKS TNI AD dengan Unpad dan Unjani, Bangun SDM Unggul dan Bentuk Program Studi Psikologi Militer

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan  Universitas Padjajaran  (Unpad) dan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) yang merupakan langkah terobosan TNI AD, tidak hanya menyiapkan personelnya sebagai SDM yang unggul dan memiliki competitive advantages , namun juga untuk mendukung Fakultas Psikologi (Fakpsi) di Unpad dan Unjani. Demikian rilis yang disampaikan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC, Bandung, Kamis (5/3/2020).

PANCASILA DALAM SUDUT PANDANG PSIKOLOGI

Center of Behavior Research (CBR) suatu lembaga psikologi yang bergerak dalam bidang penanganan pencandu narkoba, melakukan audiensi ke Markas Dinas Psikologi Angkatan Darat pada 3 Maret 2020. CBR diterima oleh pihak Dispsiad yang dipimpin oleh Kadispsiad Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC, sedangkan dari Pihak CBR diwakili oleh Direktur Utama Jesse Monintja, MA. Psy, Drs. H. Hatta Albanik, M.Si., Psikolog, Rum Aly, dan Nindya Utami. Acara audiensi membahas rencana pelaksanaan Seminar Nasional yang bertema penerapan Pancasila dalam sudut pandang psikologi. 

GOWES RANAH MINANG DAN DEKLARASI ARMY CYCLING CLUB TNI AD JAJARAN KOTAMA/BALAKPUS DI GEDUNG BALAI KOTA BUKIT TINGGI

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman, secara resmi mendeklarasikan peresmian Club Sepeda (Army Cycling Club) TNI AD dan Kotama/Balakpus di Gedung Balai Kota Bukit Tinggi pada Sabtu 22 Februari 2020 malam. Deklarasi tersebut dihadiri 15 Jenderal dan PJU bukit tinggi yang memiliki hobi bersepeda. Wakasad menyampaikan bahwa club sepeda di jajaran Kotama dan Balakpus TNI AD dari Aceh hingga Papua dibentuk untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi dari tiap club. 

Pemeriksaan dan Pembekalan Psikologi terhadap Prajurit Batalyon beserta keluarga yang akan Melaksanakan Penugasan Pamtas

TNI-AD sebagai salah satu alat pertahanan negara memiliki tugas pokok dalam menjaga kedaulatan negara di darat dari segala bentuk ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar negeri. Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI-AD yang memiliki tugas dalam mendukung Tupok TNI-AD tersebut dengan melaksanakan penyiapan, perawatan, pengembangan dan pemeliharaan psikologis prajurit TNI-AD. 

KUNJUNGAN STUDI BANDING ASSESSMENT CENTRE BADAN SIBER DAN SANDI NEGARA (BSSN)

Pada hari Kamis 20 Februari 2020, Dinas Psikologi Angkatan Darat mendapat kunjungan dari personel Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kunjungan tersebut merupakan kegiatan studi banding dari pihak BSSN dalam hal mempelajari kegiatan assessment yang ada di Dispsiad dan mempelajari dalam hal pemeriksaan psikologi yang dilaksanakan oleh Dispsiad. BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) merupakan suatu instansi pemerintah non kementrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri yang menaungi koordinasi bidang politik, hukum, dan keamanan. 

KADISPSIAD MENGHADIRI ACARA INTERNATIONAL CONFERENCE ON MILITARY PSYCHOLOGY & COUNSELING DI PUNE

Pada tanggal 23 S.D 26 Januari 2020, Kadispsiad Brigjen TNI Dr. Eri. R. Hidayat., MBA., MHMRC bersama rombongan bertolak menuju kota Pune, India untuk menghadiri acara INTERNATIONAL CONFERENCE ON MILITARY PSYCHOLOGY & COUNSELING 2020. Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana berbagi dan memperoleh pengetahuan, berdiskusi dan bertukar ide mengenai penelitian dan aplikasinya dalam organisasi militer, serta untuk bertukar informasi dan pengetahuan diantara peran mahasiswa psikologi, konselor, psikolog, personil militer dan masyarakat umum tentang psikologi militer & konseling.

SINERGI DISPSIAD (MILITER) & FAKULTAS PSIKOLOGI UGM (SIPIL) UNTUK IBU PERTIWI

SDM potensial dan memiliki competitive advantages sangat diperlukan oleh Dispsiad dalam menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks. Untuk memenuhi tuntutan SDM berkualitas tersebut Subdisbinfungpsi Dispsiad sebagai penanggung jawab dan pelaksana dalam hal pembinaan profesi psikologi melakukan kerja sama profesi dengan instansi/lembaga psikologi guna meningkatkan kemampuan dan kualitas profesi personel Dispsiad. “The best collaborations create something bigger than the sum of what each organization/person can create on their own”. Kutipan tersebut mendasari acara penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Dispsiad yang diwakili Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC dengan Fakultas Psikologi UGM yang diwakili Prof. Dr. Faturochman, M.A. Acara dilakukan pada tanggal 13 Februari 2020, bertempat di Fakultas Psikologi UGM. PKS tersebut didasari Surat Perintah Kasad Nomor Sprin/5329/XII/2019 tanggal 28 Desember 2019 tentang perintah untuk melaksanakan Perjanjian Kerja Sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. 

Memperkenalkan Psikologi dalam Rekrutmen Prajurit TNI AD pada Pameran Indonesia Education Training Expo and Scholarship 2020

Psikologi merupakan ilmu terapan yang berkaitan dengan kondisi mental dan perilaku dalam kaitannya dengan lingkungan yang dihadapi. Peran psikologi sangat beragam di lingkungan TNI AD, termasuk dalam proses seleksi calon prajurit TNI AD, dari mulai calon Tamtama, Bintara maupun Perwira. Dalam proses seleksi tersebut, psikologi menjadi salah satu bidang yang menentukan bagi seorang calon untuk dapat diterima menjadi prajurit TNI AD, bersama-sama dengan bidang seleksi lainnya yaitu administrasi, kesehatan, jasmani, dan mental ideologi. Oleh karena itu, Dinas Psikologi Angkatan Darat diminta untuk berpartisipasi sebagai salah satu bagian dalam stand TNI AD pada Pameran Indonesia Education Training Expo and Scholarship 2020, dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya para pelajar dan mahasiswa tentang penerapan aspek psikologi dalam kegiatan seleksi calon prajurit TNI AD.  

PERSONEL DISPSIAD MENGHADIRI FORUM INTERNATIONAL MILITARY TESTING ASSOCIATION (IMTA) DAN INTERNATIONAL MILITARY LEADERSHIP ASSOCIATION (IMLA) DI INDIA TAHUN 2016

Pada tanggal 7 hingga 11 November 2016, 4 personel Dispsiad yaitu  Brigjen  TNI Dr. Arief Budiarto, DESS. (Kadispsiad), Kolonel Cku Dr. Eri R. Hidayat, MBA. MHRMC., Kolonel Caj Dra. Wardani Nugrohowati, M.Psi, dan Letkol Caj  Yuli Marjoko, S.Psi., M.Psi. beserta Brigjen TNI Ngurah Sumitra dari Mabesad telah mengikuti forum International Military Testing Association (IMTA), yaitu asosiasi para personel yang membidangi tes di dunia militer dari seluruh dunia. Di tengah forum tersebut juga diselenggarakan kegiatan pertemuan  International Military Leadership Association (IMLA) yang mewadahi diskusi dan tukar pikiran mengenai kepemimpinan dalam dunia militer dan membuka peluang riset bersama.