KADISPSIAD DAN REKTOR UNJANI TINGKATKAN KERJA SAMA BIDANG PSIKOLOGI MILITER GUNA MEWUJUDKAN SDM PSIKOLOGI YANG UNGGUL DAN PROFESIONAL

KADISPSIAD DAN REKTOR UNJANI TINGKATKAN KERJA SAMA BIDANG PSIKOLOGI MILITER GUNA MEWUJUDKAN SDM PSIKOLOGI YANG UNGGUL DAN PROFESIONAL

Pada 27 Mei 2020, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA., MHRMC menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Prof. Hikmahanto Juwana S.H., LL.M., Ph.D di Gedung Upala Pratama Dispsiad. Pada kunjungan kerja tersebut Rektor didampingi Dekan Fakultas Psikologi Unjani Brigjen TNI (Purn) Dr. Arief Budiarto, DESS dan Dekan Fakultas Kedokteran Unjani Brigjen TNI (Purn) Dr Sutrisno Sudjono, dr., SH., MARS., M.Hkes. Kunjungan kerja yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam tersebut merupakan tindak lanjut atas Perjanjian kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya oleh Kadispsiad dengan Dekan Psikologi Unjani pada 5 Maret 2020. Selain itu, kunjungan kerja dilakukan sebagai upaya dan semangat Rektor baru Unjani untuk merealisasikan keinginan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa yang menginginkan adanya pembaruan program dalam rangka membuat Unjani lebih maju dan dikenal masyarakat.

Pada kunjungan tersebut, terdapat beberapa hal yang dibahas guna mempererat kerja sama antara Dispsiad dan Unjani. Pertama adalah kerja sama dalam mewujudkan Fakultas Psikologi Unjani sebagai provider Jurnal Psikologi Militer pertama di Indonesia, hal ini dianggap penting mengingat belum ada wadah publikasi penelitian dalam bidang psikologi militer di Indonesia. Keberadaan jurnal tersebut diharapkan dapat memotivasi para peneliti psikologi untuk melakukan penelitian di lingkungan militer. Hal kedua yang dibahas adalah terkait pemberdayaan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Dispsiad seperti pemeriksaan psikologi, pelatihan dan pembekalan di satuan militer serta penelitian (pengambil data, pengolah data dan penterjemah).

Selanjutnya kunjungan kerja juga membahas tentang pentingnya webinar yang dilaksanakan oleh Dispsiad dan Unjani yang membahas isu-isu psikologi teraktual yang dapat berdampak positif bagi masyarakat, selain itu webinar juga selaras dengan visi Unjani yang ingin menjadi smart campus. Hal keempat yang dibahas adalah terkait para prajurit TNI dapat memanfaatkan Unjani sebagai fasilitas untuk pengembangan keilmuan melalui pendidikan kesarjanaan. Kedepannya Unjani juga akan mendorong adanya beasiswa dari TNI AD guna meningkatkan animo para prajurit, termasuk personel Dispsiad agar lebih termotivasi untuk mengambil program sarjana psikologi di Unjani. Hal terakhir yang menjadi poin pembahasan adalah adanya peluang Dispsiad untuk melakukan seleksi, konseling, pelatihan dan assessment center kepada para tenaga pendidik di Unjani dalam rangka optimalisasi kualitas dan kompetensi para pengajar di Unjani. Kunjungan kerja diakhiri dengan pertukaran plakat dan foto bersama antara pihak Dispsiad dan Unjani sebagai bentuk penghargaan dan kepercayaan antara kedua belah pihak dalam merealisasikan program kerja sama yang telah dibahas. Program kerjasama dan kolaborasi antara kedua pihak diharapkan dapat menjadi sarana dalam pengembangan ilmu dan SDM psikologi militer yang unggul dan profesional di Indonesia.