GOWES RANAH MINANG DAN DEKLARASI ARMY CYCLING CLUB TNI AD JAJARAN KOTAMA/BALAKPUS DI GEDUNG BALAI KOTA BUKIT TINGGI

GOWES RANAH MINANG DAN DEKLARASI ARMY CYCLING CLUB TNI AD JAJARAN KOTAMA/BALAKPUS DI GEDUNG BALAI KOTA BUKIT TINGGI

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman, secara resmi mendeklarasikan peresmian Club Sepeda (Army Cycling Club) TNI AD dan Kotama/Balakpus di Gedung Balai Kota Bukit Tinggi pada Sabtu 22 Februari 2020 malam. Deklarasi tersebut dihadiri 15 Jenderal dan PJU bukit tinggi yang memiliki hobi bersepeda. Wakasad menyampaikan bahwa club sepeda di jajaran Kotama dan Balakpus TNI AD dari Aceh hingga Papua dibentuk untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi dari tiap club. 

Pada hari Minggu 23 Februari 2020 Wakasad akan mengikuti Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) Tour De Singkarak yang menempuh jarak sejauh 104 km. rute BBGRM dimulai dari titik start di Jam Gadang dan finish di dermaga Singkarak. Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Psikologi Angkatan Darat (Kadispsiad) Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayaht, MBA., MHRMC turut hadir pada acara Deklarasi Army Cycling Club dan ikut serta dalam Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020 bersama Wakasad. 

Keikutsertaan Wakasad dan para pejabat dari Mabesad dalam kegiatan ini bukan hanya semata-mata karena menyalurkan hobi, namun juga membawa misi sosial dan mendukung program pemerintah setempat. Gowes dengan jarak tempuh 104km dibarengi dengan kegiatan bhakti sosial dengan pemberian alat tulis kepada pelajar SD dan bantuan sembako kepada warga kurang mampu pada tiap etape. Etape pertama dari Jam Gadang – Istana Pagaruyung, etape kedua dari istana Pagar Ruyung – Lapangan SD Kecamatan Batu Taba, serta etape ketiga dari Lapangan SD Batu Taba – Dermaga Danau Singkarak.

Meskipun cuaca hujan dengan puluhan tanjakan, namun Wakasad dan seluruh peserta mampu memasuki garis finish di Dermaga Danau Singkarak dengan aman sekitar pukul 11.30 WIB yang disambut dengan suguhan tarian dan pengumuman hasil doorprize, serta dilanjutkan dengan penanaman pohon manggis, Jambu Bol dan Sawo di pinggir Pantai Danau Singkarak. Selain itu, Bapak Wakasad juga melepaskan bibit ikan ke Danau Singkarak. Pemandangan pesona alam yang indah di wilayah Sumatera Barat mampu membantu peserta gowes mencapai garis finish dengan kepuasan tersendiri.

Wakasad menjelaskan, semoga dengan rajin berolahraga sepeda maka akan lahir atlet prestasi sepeda. Selama ini banyak yang hobi bersepeda namun belum ada perkumpulannya maka dari itu dengan dibentuknya Army Cycling Club para pecinta sepeda akan bisa menyenangi hobi bersepeda dan akan lahir atlet-atlet sepeda berprestasi di masa mendatang.